Manfaat Cokelat Hitam Untuk Kesehatan

Manfaat Cokelat Hitam Untuk Kesehatan
Apa Anda suka memakan cokelat hitam? Bila iya, ada kabar baik untuk Anda. Ternyata cokelat dapat memberikan beragam kesehatan bagi tubuh kita. Salah satunya kesehatan jantung. Berikut ini adalah lima manfaat dari cokelat hitam bagi tubuh kita:

1. Baik untuk jantung. Produk-produk dari tanaman kakao, terutama cokelat hitam, baik bagi kesehatan jantung kita. Studi menujukkan bahwa orang yang memakan cokelat hitam, memiliki sistem kardiovaskular yang baik. T. Jared Bunch, MD, ahli jantung pada Intermountain Medical Center Heart Institute di Murray, Utah mengatakan, memakan cokelat merupakan bagian dari strategi untuk menurunkan risiko peyakit jantung.

2. Baik untuk sel-sel jantung. Biji kakao theobroma, merupakan sumber dari cokelat hitam yang kaya akan antioksidan. Cokelat hitam juga masuk ke dalam 10 makanan yang mengandung banyak antioksidan. Di dalam Cokelat hitam terkandung bioaktif flavanols dan theobromine, yang memiliki efek positif pada sel-sel jantung dan pembuluh darah kita.

3. Meningkatkan sirukulasi darah. Penelitian oleh Journal of the American Heart Association mengatakan, cokelat hitam dapat membantu orang yang memiliki peripheral artery disease (PAD). Penyakit arteri perifer ini mengurangi aliran darah ke lengan dan kaki. Sehingga pasien sering memiliki kram yang menyakitkan. Bahkan terkadang sulit untuk berjalan. Cokelat yang digunakan dalam penelitian berisi lebih dari 85 persen kakao. Cokelat intu juga kaya akan senyawa aktif yang dikenal sebagai polifenol.

4. Menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan (menurut uji coba analisis yang diterbitkan Cochrane Review). Peneliti membandingkan orang yang mengonsumsi cokelat hitam dengan kelompok lain, cokelat putih. Hasilnya, tekanan darah sistolik dan diastolik mengalami penurunan, pada orang yang memakan cokelat hitam.

5. Menurunkan risiko stroke. Peneliti Finlandia menemukan bahwa memakan cokelat hitam, dapat mengurangi risiko stroke. Para peneliti Finlandia mengatakan konsumsi cokelat sebanyak 63 gram/minggu dapat menurunkan risiko untuk terserang stroke. Selain itu penelitian tambahan mengatakan, orang yang memakan cokelat dapat mengurangi stroke sebanyak 20 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak memakan cokelat.

0 Response to "Manfaat Cokelat Hitam Untuk Kesehatan"

Posting Komentar