Cara Ampuh Mengatasi Rasa Cemas

Setiap orang pasti pernah merasakan kecemasan dalam hidupnya. Rasa cemas dapat terjadi dalam lingkungan pekerjaan atau ranah pribadi seperti hubungan keluarga, asmara, keuangan, dan kesehatan.

Cara Ampuh Mengatasi Rasa Cemas
Berikut lima cara mudah dalam mengatasi rasa cemas yang dikutip dari buku How to Reduce Anxiety and Increase Certainty in Difficult Situations yang ditulis oleh Preston Ni.

1. Tarik napas dalam-dalam
Ketika mengalami kecemasan denyut jantung kita meningkat, napas menjadi lebih cepat, dan tubuh mulai tegang. Napas yang pendek dan tersengal-sengal mengurangi asupan oksigen ke otak dan menghambat kemampuan kita untuk berpikir jernih.

Saat mengalami kecemasan, cobalah untuk keluar ruangan sebentar dan tarik napas dalam-dalam.

2. Gerakkan tubuh
Jika merasakan ketegangan dalam tubuh, cobalah untuk sedikit menggerakkan lengan dan kaki untuk melepaskan rasa gugup. Sambil menggerakkan tubuh, ambil napas dalam-dalam.

Contoh olahraga sederhana yang baik untuk mengurangi rasa gugup karena cemas adalah lari, aerobik, yoga, dan berenang. Selain itu, olahraga tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif kita.

3. Tempelkan air pada wajah
Kita juga dapat mencoba menempelkan air dingin ke wajah. Oleh beberapa pakar, hal ini memicu refleks dan dapat memperlambat denyut jantung. Jika kita memakai make-up, tempelkan air dingin di tengkuk atau di leher sebagai gantinya.


4. Hindari kafein dan gula
Jika sedang dalam keadaan cemas, hindari meminum minuman yang berkafein. Memakan kudapan yang terlalu banyak mengandung gula juga tidak baik bagi tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein dan gula justru dapat meningkatkan stres. Kafein, khususnya telah terbukti meningkatkan tekanan diastolik darah, kecemasan, dan membuat berkeringat lebih.

5. Minum teh chamomile
Penelitian dari University of Nottingham Medical School menunjukkan teh chamomile memiliki efek relaksasi pada pembuluh darah.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Rasa Cemas"

Posting Komentar